BIMTEK INTEGRASI PRODUK HUKUM DESA PADA WEBSITE DESA SE –KABUPATEN BATANG KE WEBSITE JDIH PEMERINTAH KABUPATEN BATANG

Written by anto admin on . Posted in berita

Bertempat di Aula Kantor Kecamatan Batang, pada hari Jumat tanggal 12 April 2019, bekerja sama dengan Dinas Kominfo dalam kegiatan Bimtek Tata Kelola Informasi Publik pada PPID pada Desa se- Kabupaten Batang, Acara ini merupakan acara hari ke 4 dari rangkaian acara selama 15 hari berlokasi di 15 kecamatan Kabupaten Batang, antara lain Kecamatan Wonotunggal, Bandar, Blado, Batang,……dst.

Kasubbag Dokumentasi dan Sosialiasi Hukum pada Bagian Hukum selain berposisi sebagai Anggota PPID Utama Pemerintah Kabupaten Batang, pada kegiatan kali ini sekaligus menyampaikan materi teknis tentang integrasi produk hukum desa pada Website Desa Se –Kecamatan Batang ke WebSite JDIH Pemerintah Kabupaten Batang bersama dengan Staf IT Arif Budhi W, S.Kom. Khusus materi integrasi web JDIH, acara yang dihadiri oleh Sekretaris Desa dan tenaga Admin sebanyak masing-masing 13 orang ini merupakan tindak lanjut dari acara Pertemuan Berkala Anggota JDIH (khusus Pemerintah  Desa) pada tanggal 30 Oktober 2019 silam,  yang dihadiri oleh Kecamatan dan perwakilan Desa.

Adapun out put yang diharapkan dari penyampaian Bimtek khususnya tentang integrasi produk hukum desa dari website desa ke website JDIH Pemkab Batang adalah semua desa se Kabupaten Batang dapat mengupload semua produk hukum desa (peraturan desa, peraturan kepada desa dan keputusan kepala desa) ke dalam websitenya masing-masing desa, yang otomatis akan langsung terintegrasi dan terakses di web JDIH Pemerintah Kabupaten Batang. Dalam hal ini semua pihak akan terbantu dengan  layanan cepat ini, semua produk hukum desa se kabupaten batang dapat terakses di JDIH pemkab Batang.

Kecamatan Bandar

Pemerintah Desa sebagai Anggota JDIH Pemerintah Kabupaten Batang yang menerbitkan/mmiliki produk hukum sendiri diharapkan dapat mengelola produk hukum tersebut sesuai standaarisasi yang salah satunya dengan media website. Dalam hal ini karena keterbatasan sumber daya yang ada di desa, tidak perlu setiap desa mempunyai website JDIH, sementara cukup dilakukan dengan  memanfaatkan website yang sudah ada di desa (program sideka) dan dimasukkan salah satu menu JDIH (produk hukum desa) di dalamnya.

Meskipun sudah seluruh desa se-Kabupaten Batang memiliki website, namun sebagian masih  banyak yang tidak update content di dalamnya, bahkan ada yang masih kosong. Dari pengamatan pada saat Bimtek, yang menjadi kendala utama adalah kurangnya sarana prasarana (tiadanya alat scan, wifi kurang lancar) dan over load tugas dari tenaga admin.

Hal ini perlu mendapat perhatian khusus dari semua pihak,antara lain dukungan dari Pihak Pemerintah Kabupaten sendiri (perangkat daerah terkait)  sebagai Pembina dan fasilitator Pemerintah Desa dapat lebih intensif dan sinergis dalam memberikan support,  bimbingan dan pembinaan khusususnya dalam hal pengelolaan dokumentasi dan informasi melalui media online.

 
×

Selamat Datang

Silahkan Tinggalkan Pesan, Kami Siap membantu

× Apa yang bisa saya bantu?